Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Voorfo di Nunukan, Kalimantan Utara

Authors

  • Tasya Meutia Kultsum ARO Gapopin
  • Murni Marlina Simarmata ARO GAPOPIN

DOI:

https://doi.org/10.54363/jmo.v3i2.90

Keywords:

: quality of service, customer satisfaction,, optics

Abstract

This study was aimed to analyze the effect of service quality on customer satisfaction of Voorfo Optics in Nunukan, North Kalimantan. The type of research conducted is explanatory research with quantitative approach. The number of samples in this study amounted to 30 respondents with non-probability sampling techniques with a purposive sampling approach. Data collection is done by means of the dissemination of questionnaires that have been tested validity and reliability. Respondents to this study were Voorfo Optics customers domiciled in Nunukan, North Kalimantan. The study used a simple linear regression analysis. The results showed that the quality of service had a significant positive effect on customer satisfaction. Conclusion of customer satisfaction will form a positive perception of Voorfo Optics and quality service can be done by improving the quality of service.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bungin, H. (2013). Metodologi penelitian Sosial dan Ekonomi. Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Prenamedia Group.

Chandra, T., & Novia, D. (2019). ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AND CUSTOMER SATISFACTION USING CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) AND IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) METHOD IN "JAKARTA"OPTICAL PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 125-139.

Chen, C. E. (2020). Pengembangan Pemasaran Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Customer berdampak Pada Kepuasan Pelanggan optik Treay. Inovasi Manajemen dan Kebijakan Publik, 3(2), 25-34.

Chin,J. T, Efendi Z, Doringin . (2020). PEMILIHAN BINGKAI KACAMATA YANG TEPAT UNTUK KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA DI OPTIK MAHAKAM. Jurnal Mata Optik, 1(1), 1-19.

Febrian, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(1), 50-56.

Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali , I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 22. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handi, I. (2007). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ke-Sembilan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ihsan, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 63(1), 197-206.

Kolter, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi . Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R., & Hamdani , A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machali, I. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan,Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: MPI.

Maharani, O. R. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus pada Lipstcik Wardah). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 97-111.

Mahira, & Hadi, P. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2, 1267-1283.

Nasution. (2010). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nasution, M. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyanto, D. (2010). Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: Erlangga.

Putri , A. T., & Brutu, D. W. (2019). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PROGRAM INDIHOME TRIPLE PLAY PT. TELKOM (CABANG PLASA TELKOM MEDAN). Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(1), 136-146.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survei. Cetakan 18. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. (2015). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Wesnita. Alvia, Elfia. M, Alwa P. Amri. (2021). Effect on Promotion and Service Quality on Customer Satisfaction in Padang Optics. Jurnal Mata Optik, 2(3), 1-7

Yanuar, M. M., & Qomariah, N. (2017). DAMPAK KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN OPTIK MARLIN CABANG JEMBER. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61-80.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Kultsum, T. M. ., & Simarmata, M. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Voorfo di Nunukan, Kalimantan Utara. Jurnal Mata Optik, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.54363/jmo.v3i2.90

Most read articles by the same author(s)