PENTINGNYA METODE EDUKASI DIDAKTIF TENTANG KESEHATAN MATA OLEH TENAGA REFRAKSI OPTISI BAGI SISWA/I SD

Authors

  • Wulan Ayuningtias Aro Gapopin Refraksi Optisi dan Optometry
  • Murni Marlina Simarmata ARO GAPOPIN
  • Zakaria Efendi Aro Gapopin Refraksi Optisi dan Optometry

DOI:

https://doi.org/10.54363/jmo.v3i1.59

Keywords:

refractionist optician, eye health, primary school, education

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the didactic education method by refractionist optician health workers for grade 6 students at Ciomas 01 Elementary School. The subjects of this study were 10 people, 6th-grade students, at Ciomas 01 Elementary School. The research method used was qualitative by collecting data. Through the interview process, filling out questionnaires, and observation. From the results of the study, it can be concluded that the teacher's role is very dominant in the process of providing material on eye health so that students can better understand the material about eye health and the provision of material on eye health using the didactic method is considered effective to be applied to 6th-grade students at Ciomas 01 Elementary School.

References

A. Mashudi. 2013. Pengembangan Media Model Mata Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume (2): 94-95.

Aulia Ali Amar. Edukasi dan produktivitas masyarakat di masa pandemi. LP2M, 2021.

Basri Saiful. 2014. Etiopatogenesis dan Penatalaksanaan Miopia Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. Volume (no): 181-185.

Budiono Sjamsu, Buku Ajar Kesehatan Mata. Airlangga Univ pers, 2019.

Damawiyah Siti, Noventi Iis. Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di RW 10 Desa Kramat Jegu Taman Sidoarjo. 2019. Jurnal Ilmiah Kesehatan (Journal of Health Sciences). Volume (12):82-89.

Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Peta Jalan Penanggulangan Penglihatan Di Indonesia Tahun 2007-2030. Kementerian Kesehatan RI, 2018.

Fauzi, L; Anggorowati,L; Heriana,C. Skrining Kelainan Refraksi Mata Pada Siswa Sekolah Dasar Menurut Tanda Dan Gejala.2016. joural of health education. Volume (1): 78-84.

Hartanto, Willy; Inakawati, Sri. 2006. Kasus Kelainan Refraksi Tak Terkoreksi Penuh di RS DR. Kariadi Periode 1 Januari 2002 – 31 Desember 2003 [skripsi]. Fakultas Kedokteran

Hutauruk, Mona R.2009. Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Orangtua Tentang Kelainan Refraksi Pada Anak [skripsi]. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Ismandari Fetty, Infodatin Situasi Gangguan Penglihatan. Kementrian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi., 2018.

Pearce EC, Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis. PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Ratu Ayu D.S. 2011. Faktor Risiko Obesitas Pada Anak 5-15 Tahun di Indonesia [skripsi]. Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat. Depok (ID): Universitas Indonesia.

S.P. Maya, P.E.S. Theresia, P.P Kukuh. Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun. 2018. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. Volume (1): 28-33.

Sugiarto Eko, menyusun proposal penelitian kualitatif : skripsi dan tesis, CV Solusi Distribusi, 2015.

SAM Aliaedi, didaktik metodik pendidikan membangun pemimpin masa depan. Deepublish.2016.Universitas Diponegoro Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Wulan Ayuningtias, Simarmata, M. M., & Zakaria Efendi. (2022). PENTINGNYA METODE EDUKASI DIDAKTIF TENTANG KESEHATAN MATA OLEH TENAGA REFRAKSI OPTISI BAGI SISWA/I SD. Jurnal Mata Optik, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.54363/jmo.v3i1.59

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>