PENGARUH KUALITAS BINGKAI PLASTIK UNTUK KEPUASAN KONSUMEN OPTIK INTERNASIONAL BOJONEGORO PADA BULAN DESEMBER TAHUN 2021

Authors

  • SITI IZATI CHOIRINA
  • BUNYAMIN RIZKI ABDILLAH
  • OPEP C NUGRAHA

Keywords:

Kualitas produk, bingkai plastik, kepuasan konsumen, Optik Bojonegoro International

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas produk bingkai plastik mempengaruhi kepuasan konsumen di Optik Internasional Bojonegoro.Kualitas produk yang baik akan membuat konsumen merasa puas saat menggunakan suatu barang.Permintaan konsumen terhadap produk baik berupa barang maupun jasa yang disediakan oleh dunia usaha semakin meningkat.Konsumen  mengharapkan produk yang dibelinya memiliki kualitas yang baik. Menggunakan metode survei untuk mewawancarai konsumen pengguna bingkai plastik di pelanggan Optik Internasional Bojonegoro.Bingkai kacamata plastik saat ini banyak digemari karena bahannya yang ringan, lentur, tidak mudah pecah dan perawatannya lebih mudah  dibandingkan bingkai logam.Penjualan bingkai kacamata plastik di Optik Internasional  bulan Desember 2021 berjumlah 350 buah dari total penjualan kacamata, 450 buah dan 100 buah bingkai logam.Kepuasan konsumen merupakan tingkat persepsi konsumen setelah membandingkan  apa yang diterimanya dengan harapannya.Jika pelanggan  puas dengan nilai yang diberikan  produk atau layanan, kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan jangka panjang.

References

Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. JURNAL SAMUDRA EKONOMI DAN BISNIS, 9(1).

Chin, J. T., Efendi, Z., & Doringin, F. (2020). Pemilihan Bingkai Kacamata Yang Tepat Untuk Konsumen Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Di Optik Mahakam. Jurnal Kesehatan, 1–10.

Matreza Leo, F. R., & Manafe, L. A. (2021). Implikasi Inovasi Produk terhadap keunggulan Bersaing Produk Kacamata pada Optik Nice. DEMAnd Jurnal Digital Economic, Management and Accounying Knowledge Development, 3(1), 36.

Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan. In Jakarta: EGC.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggant Terbang. Management Analysis Journal, 1(2), 1–8.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Supriyadi, Wiyani, W., & Nugraha, ganjar indra kusuma. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1). https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/1714/0

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

CHOIRINA, S. I. ., RIZKI ABDILLAH, B., & NUGRAHA, O. C. . (2024). PENGARUH KUALITAS BINGKAI PLASTIK UNTUK KEPUASAN KONSUMEN OPTIK INTERNASIONAL BOJONEGORO PADA BULAN DESEMBER TAHUN 2021. Jurnal Mata Optik, 5(01), 7–21. Retrieved from https://ejournal.arogapopin.ac.id/index.php/mataoptik/article/view/193

Most read articles by the same author(s)